Blog Cerdas

Blog Pembelajaran, Pendidikan, Makalah, Artikel, Definisi, Pengertian, Sains Dan Teknologi

.

Antropologi Linguistik (Etnolinguistik)

Antropologi Linguistik (Etnolinguistik)Antropologi linguistik atau biasa juga disebut etnolinguistik merupakan bagian dari antropologi yang mengkhususkan penelitiannya terhadap penyebaran bahasa umat manusia diseluruh permukaan bumi. Para ahli antropologi linguistik melihat adanya pertalian bahasa diantara bahasa-bahasa tertentu terutama yang serumpun, seperti bahasa Indonesia dan Austronesia. Pertalian bahasa itu dalam ilmu linguistik disebut “perbendaharaan yang mendasar” atau basic vocabulary. Basic Vocabulary banyak terdapat pada nama tumbuhan-tumbuhan, binatang, nama bilangan, dan lain-lain.

Berdasarkan analisis terhadap basic vocabulary, para ahli antorpologi linguistik dapat membuat hipotesis mengenai sejarah penyebaran bahasa dan umat manusia pengguna bahasa tersebut. Antropologi linguistik di Indonesia mempelajari bahasa-bahasa daerah yang disebut sebagai bahasa-bahasa nusantara. Jadi dapat disimpulkan bahwa para ahli antopologi linguistik menelaah atau mempelajari timbulnya bahasa dan bagaimana terjadinya variasi dalam bahasa-bahasa selama jangka berabad-abad.

Referensi: Buku “Sosiologi Satuan Kajian Kehidupan  Masyarakat” Kelas 1 SMA, KBK, Halaman 15, Penerbit: Yudhistira.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sosial dengan judul Antropologi Linguistik (Etnolinguistik). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tercerdas.blogspot.com/2012/12/antropologi-linguistik-etnolinguistik.html. Terima kasih!