Blog Cerdas

Blog Pembelajaran, Pendidikan, Makalah, Artikel, Definisi, Pengertian, Sains Dan Teknologi

.

Institusi Sosial

Institusi Sosial


A.Yang diatur oleh institusi adalah pemenuhan kebutuhan masyarakat (societalneeds)

B.Tiga komponen dasar dalam institusi yang saling terkait dan merupakan satu kesatuan:


1).Kebutuhan dasar masyarakat dan institusi sosialnya: papan-sandang-pangan (ekonomi), kesehatan (rumah sakit), keamanan (kepolisian), kepentingan umum (pemerintahan), keselamatan (agama), pendidikan (keluarga dan sekolah), keturunan (keluarga) dan lain sebagainya.

2).Nilai dan norma yang berhubungan dengan kebutuhan dasar itu. Karena dianggap bernilai, perlu ada norma untuk memperolehnya.
(a).Nilai: sesuatu yang dianggap baik.
(b).Norma: patokan berperilaku yang informal seperti sopan santun dan yang formal seperti hubungan resmi dalam perusahaan.
(c).Contoh: Memperoleh anak merupakan kebutuhan dasar agar masyarakat itu dapat bertahan. Di Indonesia dulu berkembang persepsi “banyak anak banyak rezeki”. Cara mendapatkan keturunan harus melalui tahapan pernikahan secara sah.

3).Cara untuk memenuhi kebutuhan itu: perilaku/pola tindakan atau organisasi.

C.Institusi sering disamakan dengan organisasi. Organisasi merupakan alat atau cara untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat  yang dianggap bernilai.

Referensi: Buku “SOSIOLOGI Satuan Kajian Kehidupan Masyarakat” Kelas 1 SMA, KBK, Halaman 34, Penerbit: Yudhistira
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sosial dengan judul Institusi Sosial. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tercerdas.blogspot.com/2012/12/institusi-sosial.html. Terima kasih!