Blog Cerdas

Blog Pembelajaran, Pendidikan, Makalah, Artikel, Definisi, Pengertian, Sains Dan Teknologi

.

Pengenalan Jenis-Jenis Hardware Komputer

Komputer saat ini adalah sebuah perangkat yang wajib bagi sebagian orang. selain itu komputer sangat membantu kebutuhan mereka untuk bekerja, hiburan, atau karena alasan lain. Oleh karena itu, jarang sekali jika sebuah besar rumah di sekitar kita tidak memiliki komputer di rumahnya. Meskipun mereka memiliki komputer di rumah, tapi kadang-kadang mereka tidak tahu apa-apa tentang jenis perangkat keras komputer atau yang biasa disebut Hardware Komputer. Karena sebagian besar dari mereka hanya sebagai pengguna. Jadi sekarang saya akan berbagi beberapa informasi tentang apa saja jenis perangkat keras sebuah komputer yang biasanya kita temui. Mungkin saja, nantinya kita bisa terbantu dengan tahu apa hardware yang terdapat pada komputer.

Macam-Macam Hardware Komputer

Hardware atau perangkat keras merupakan komponen yang memiliki bentuk fisik ada pada komputer dan menjalankan perannya sebagaimana mestinya. Nah, lalu hardware tersebut kembali dibagi-bagi menurut fungsinya yang terbentuk beberapa macam. Langsung saja, ini dia beberapa macam hardware komputer.

Mainboard / Motherboard
Mainboard atau papan utama merupakan papan yang dimana fungsinya untuk meletakkan semua komponen seperti RAM, prosesor, VGA, dan lain sebagainya yang saling terhubung.

VGA (Video Graphic Array)
Perangkat keras ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar kualitas atau spesifikasi VGA anda, maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Prosesor
Prosesor merupakan otak utama dari sebuah komputer. Semua perintah dieksekusi di dalam chip kecil ini. Prosesor sangatlah vital bagi sebuah komputer, karena akan menentukan kinerja dari sebuah komputer itu sendiri.

Memory atau RAM
Memory atau kadang disingkat menjadi RAM adalah sebuah komponen hardware yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Perintah, data, atau hal lain bisa disimpan sementara pada memory ini. Macam memori ada banyak dan terus berevolusi seiring dengan Perkembangan teknologi. Contohnya saja SDRAM, DDR1, DDR2, DDR3, dan lain sebagainya.


Hard Disk
Hard disk adalah hardware yang berfungsi untuk menyimpan data kita pada komputer. Dengan ini, kita bisa menyimpan data atau file pekerjaan kita. Banyak jenis hard disk sesuai dengan kapasitasnya, mulai dari 8GB, 64GB, 320GB hingga 2TB juga tersedia.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Hardware / Komputer dan Jaringan dengan judul Pengenalan Jenis-Jenis Hardware Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tercerdas.blogspot.com/2013/06/pengenalan-jenis-jenis-hardware-komputer.html. Terima kasih!