Blog Cerdas

Blog Pembelajaran, Pendidikan, Makalah, Artikel, Definisi, Pengertian, Sains Dan Teknologi

.

3 Aplikasi Android Pemantau Cuaca Agar Tak Terjebak Hujan

3 Aplikasi Android Pemantau Cuaca Agar Tak Terjebak Hujan
Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat kita kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Hujan tiba-tiba bisa saja mengacaukan aktivitas yang sedang kita lakukan di luar rumah.
Kehadiran teknologi canggih di perangkat ponsel dan tablet bisa dimanfaatkan untuk mengetahui prakiraan cuaca. Berbagai aplikasi pemantau cuaca sudah banyak disediakan bagi pengguna gadget.
Jadi, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa ketika akan melakukan aktivitas. Semoga tak terjadi lagi terjebak hujan ketika habis berjalan-jalan karena tak membawa payung.
Berikut ini tim sajikan beberapa aplikasi prakiraan cuaca yang tersedia secara gratis di toko aplikasi Google Play Store. Yuk cek apa saja aplikasinya.

1. Info Gempa dan Cuaca
Aplikasi ini merupakan hasil kembangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai lembaga pemantau kondisi cuaca di Indonesia. Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna ponsel dan tablet untuk mengetahui prakiraan cuaca yang ada di sekitarnya.
Kita bisa memantau kondisi cuaca yang lengkap dengan suhu yang sedang ada di lokasi. Pengguna aplikasi ini bisa melihat kondisi cuaca dari kota besar di Indonesia maupun dunia. Bahkan pengguna bisa memilih pantauan cuaca berdasarkan kabupaten di wilayah tertentu.
Tak hanya itu, informasi terkait gempa juga disediakan secara lengkap baik dari lokasi maupun kekuatan gempa terjadi. Informasi yang disajikan pada aplikasi ini sama dengan yang ditampilkan di situs resmi BMKG.

2. Prakiraan Cuaca
Pengguna bisa mendapatkan informasi cuaca berdasarkan kota dengan suhu dan kelembabannya. Menu 'Detail Cuaca' juga bisa dipilih bila ingin melihat informasi cuaca tiap yang disajikan dengan tampilan grafis sederhana tapi cukup menarik.
Sayangnya, menu di aplikasi ini masih sangat terbatas. Pengguna jadi hanya bisa mendapatkan informasi yang tak terlalu mendetil terkait cuaca yang ingin diketahuinya. Meski begitu, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi acuan cuaca yang terjadi di suatu kota ketika kita ingin mengunjunginya.
Aplikasi buatan pengembang bernama Muktisoft ini sebenarnya mengambil informasi dari laporan yang disajikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Semoga saja pengembangnya akan memberikan fitur lain yang lebih lengkap di versi berikutnya.

3. Google Now
Nah, aplikasi yang satu ini mungkin sudah tersedia secara bawaan bagi pengguna Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Google Now dibuat Google sebagai sebagai asisten pribadi yang akan mencatat jadwal, kebiasaan sehari-hari dan lainnya.
Di aplikasi ini, Google juga menyajikan informasi yang cukup lengkap seputar cuaca termasuk suhu dan kecepatan angin. Bahkan, aplikasi ini bisa menginformasikan cuaca yang akan terjadi berdasarkan jam dan tanggal. (baca juga: Cara Instal Aplikasi Instagram Di Android)
Google membuat aplikasi ini terhubung dengan fitur geolocation yang ada di handset. Hal itu membuat informasi terbaru yang diberikan sesuai dengan tempat penggunanya berada.
Integrasi yang disediakan Google dengan layanan lain miliknya seperti Google Maps lengkap dengan trafik lalu-lintas yang sedang terjadi di jalur yang akan dilalui. Berbagai layanan yang terintegrasi tersebut bisa dioptimalkan untuk membantu kita dalam beraktivitas sehari-hari dengan hanya satu aplikasi. 

source:http://tekno.liputan6.com/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori aplikasi dengan judul 3 Aplikasi Android Pemantau Cuaca Agar Tak Terjebak Hujan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tercerdas.blogspot.com/2014/01/cuaca-yang-tidak-menentu-seringkali.html. Terima kasih!